DML dan Entity Relationship Diagram

By ara - 3/03/2012

Pembahasan kali ini tidak berbeda jauh dari postingan sebelumnya yang mengenai basis data , DLL dan sebelum saya menjelaskan lebih lanjut alangkah baiknya teman-teman tau perbedaanya dari DML (Data Manipulation Language) dan (ERG) Entity Relation Diagram.
Berikut penjelasannya tentang DML dan ERD (Entity Relationship Diagram) :

A.    DML ( Data Manipulation Language ) 

Perintah (statement) SQL digunakan untuk melakukan manipulasi data dalam database, menambahkan (insert  ), Mengubah ( update ), menghapus (delete),mengambil dan mencari data ( query ). DML atau Data Manipulation Language adalah bagian dari SQL yang digunakan untuk memulihkan dan memanipulasidata. Terdapat perintah-perintah yang digunakan dalam DML adalah sebagaiberikut:
  • .SELECT
Untuk mengambil atau menampilkan data dari tabel pada database
  • . INSERT
Untuk menyisipkan data pada tabel
  • .UPDATE
Untuk memperbaharui nilai suatu data dalam database
  • . DELETE
Untuk menghapus record pada tabel


B.     ERD ( Entity Relationship Diagram ) 

Entity RelationshipDiagram atau biasa dikenal dengan diagram E-R secara grafis menggambarkan isi sebuah database Diagram ini memiliki dua komponen utama yaitu Entity dan relasi.
Untuk melambangkan fungsi diatas maka digunakan simbol-simbol yang bisa dilihat pada daftar simbol. Elemen-elemen Entity Relationship Diagram adalah sebagai berikut:
1. Entity
(Entitas)Pada E-R diagram, entity digambarkan dengan sebuah bentuk persegipanjang. Entity adalah sesuatu apa saja yang ada didalam sistem, nyata maupunabstrak dimana data tersimpan. Entitas diberi nama dengan kata benda dan dapatdikelompokan dalam empat jenis nama, yaitu : orang, benda, lokasi kejadian(terdapat unsur waktu didalamnya).
2.Relationship
(Relasi)Pada E-R diagram, relationship dapat digambarkan dengan sebuah bentuk belah ketupat. Relationship adalah hubungan alamiah yang terjadi antara entitas.Pada umumnya relationship diberi nama dengan kata kerja dasar, sehingamemudahkan untuk melakukan pembacaan relasinya.
3.Atribut
Secara umum atribut adalah sifat atau karakteristik dari tiap entitas maupuntiap relationship. Maksudnya adalah sesutau yang menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud entitas maupun relationship, sehingga sering dikatakan bahwa atribut adalah elemen dari setiap entitas dan relationship.
Contoh atribut untuk entitas pegawai misalnya nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, dll. Atribut digambarkan dengan simbol ellips. Atribut dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :
  • Atribut sederhana/atomic, yaitu atribut yang tidak dapat dibagi-bagi menjadi atribut yang lebih sederhana (mendasar).
  • Atribut komposit, yaitu atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih mendasar.
  • Atribut Berharga tunggal (single valued attribute), yaitu atribut yang hanya mempunyai satu harga untuk suatu entitas tertentu.
  • Atribut berharga ganda (multi valued attribute), yaitu atribut yang dapat terdiri dari sekumpulan harga untuk suatu entitas tertentu. 
  • Null-value, yaitu atribut yang tidak mempunyai nilai dan tidak diketahui harganya. 
  • Atribut kunci yaitu atribut yang unik dari suatu entitas dan nilai dari atribut kunci akan berbeda untuk masing-masing entitas. Atribut kunci dapat berupa atribut sederhana atau komposit. Atribut memiliki value set (domain) yang digunakan untuk mendefinisikan harga nilai yang dapat dimiliki oleh atribut dari suatu entitas.
4.Kardinalitas
Kardinalitas relasi menunjukan jumlah maksimum tupel yang dapat berelasidengan entitas yang lainnya. Dari sejumlah kemungkinan banyaknya hubunganyang terjadi dari entitas, kardinalitas relasi merujuk kepada hubungan maksimum yang terjadi dari entitas yang satu ke entitas yang lainnya dan begitu jugasebaliknya. Terdapat  tiga macam kardinalitas relasi, yaitu :
a.One to one Relationship
Tingkat hubungann satu ke satu, dinyatakan dengan satu kejadian padaentitas pertama, hanya mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian padaentitas yang kedua dan sebaliknya.
b. One to many Relationship
Tingkat hubungan satu ke banyak adalah untuk satu kejadian pada entitasyang pertama dapat mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitasyang kedua.
c. Many To One Relationship
Untuk banyak kejadian pada entitas yang pertama hanya dapat mempunyaisatu hubungan dengan kejadian pada entitas yang kedua.
d. Many to many Relationship
Tingkat hubungan banyak ke banyak terjadi jika tiap kejadian pada sebuahentitas akan mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas lainnya,baik dilihat dari sisi entitas yang pertama maupun dilihat dari sisi yang kedua.

5.Key (Kunci)
Sebuah atribut atau set atribut yang nilainya mengidentifikasikan entitassecara unik dalam suatu entitas. Key memiliki beberapa jenis sesuai dengankegunaannya masing-masing, yaitu  primary key (kunci utama), foreign key(kuncitamu).

- PERBEDAAN GENERALISASI DAN SPESIALISASI ;

Spesialisasi adalah Proses mendesain subgrup di dalam suatu entity . Suatu himpunan entitas bisa memiliki suatu subgrup yang berbeda diantara entitas-entitas lain dalam himpunan tersebut. Misalnya suatu sub himpunan entitas dalam suatu himpunan entity bisa memiliki atribut yang berbeda dari entity-entiti lain. Model E-R memiliki fasilitas untuk perbedaan ini.

Generalisasi adalah proses pendefisinian subclass- subclass yang disatuakan menjadi entitas superclass tunggal berdasarkan karakteristik umum. Di samping proses desain top- down ( dari inisiak entitas ke level lebih rendah (subgrub), desain juga dapat dilakukan dengan proses bottom-up, yaitu banyak entitas disintesiskan menjadi entity yang lebih tinggi berdasarkan kesamaan feature-nya.

sumber:

modul basis data.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar